Diposkan pada Article

Kuliah: Ngeri-Ngeri Sedap

Postingan kali ini aku akan share sesuatu yang mungkin beberapa orang di muka bumi ini akan mengalami hal serupa denganku. What’s that? In fact, it’s about perkuliahan. Kenapa aku share ini? Aku sudah sempat tulis bahwa aku akan memuat hal-hal yang mungkin akan berguna untuk pembaca. Bagi kalian yang mungkin baru akan menyandang gelar mahasiswa ataupun kalian yang sekarang ada di tengah-tengah masa studi tapi tak kunjung selesai, kalian must keep in reading!
tenor

Source of Picture

Well, kalau kalian jalan-jalan ke toko buku, sebut aja Gramedia dan kalian search book title ‘Ngeri-Ngeri Sedap’, kalian bakal nemu buku milik Bambang Soesatyo, Ketua Komisi III DPR. Wait, aku ga bakal bahas buku ini. Hanya saja aku mau ambil judul Ngeri-Ngeri Sedap untuk menggambarkan tentang dunia perkuliahan. Silahkan ketawa! Tapi itu realita.

Bagi beberapa orang akan menganggap bahwa kuliah adalah bangku dimana kita bisa menimba ilmu lebih lanjut setelah lulus SMA/SMK atau sederajatnya sesuai dengan jurusan yang diminati. Beberapa orang yang lain akan menganggap bahwa kuliah hanya sebuah ‘rutinitas’ yang harus dilakukan setelah berakhirnya masa studi di sekolah menengah atas/sederajatnya. Ternyata, banyak persepsi mengenai kuliah itu sendiri bagi masing-masing pribadi. Buat kalian yang belum terlanjur dan masih mau masuk kuliah, please tolong pikir kembali jurusan apa yang bakal kalian pilih karena itu akan mempengaruhi kehidupan kalian selanjutnya.

life-is-choice-hidup-penuh-pilihan-2-638

Source of Picture

 

Jangan biarkan waktu kalian akan sia-sia dengan datang kuliah pagi-pagi, hampir setiap hari, penuh jadwal, banyak tugas, tapi hasilnya nol besar. Bukannya aku berkata useless, sebenarnya apapun yang kita lakukan akan memiliki faedah untuk ke depannya. Akan tetapi alangkah lebih baiknya, jika kalian ambil jurusan sesuai dengan minat kalian.

Beberapa point untuk kalian yang belum terlanjur untuk masuk kuliah, kalian perhatikan hal-hal ini:

  • Passion

Ini adalah yang paling utama. Trust me! Aku percaya bahwa setiap orang akan memiliki sesuatu yang diminati dan memiliki kebebasan untuk memilih. Jangan memilih jurusan berdasarkan keinginan orang tua, ikut-ikutan teman, atau bahkan menghitung kancing baju (sebut aja undi-undi). Lihatlah passion kalian ada dimana, di bidang sosialkah? di bidang ilmu pengetahuankah? di bidang sastrakah? di bidang musikkah? atau lain sebagainya. Jika orang tua kalian menyarankan sesuatu, sanak famili kalian memberi pandangan, terima terlebih dahulu, kemudian dari semua saran itu kalian coba untuk sesuaikan dengan passion kalian. Jangan sampai kuliah hanya buang waktu, tenaga, materi dan banyak lainnya, tapi kalian nggak enjoy dengan itu semua. Bahkan nggak sedikit mahasiswa suka pindah jurusan dan pindah universitas gara-gara apa yang mereka pilih tidak sesuai dengan keinginan. That’s waste your time, isn’t that?

  • Prestige

Oh God, ini parah, sakit. Banyak mahasiswa yang mengatasnamakan prestige (gengsi). Misalnya, “Ah, aku nggak mau kuliah kalo nggak di Fakultas Kedokteran! Nggak keren, temen-temen aku banyak yang di Kedokteran”. Please, itu nggak lucu. Kalaupun minat kalian ada di sesuatu yang berkaitan dengan dunia kesehatan, sound’s good kalau memilih jurusan tersebut, apalagi orang tua mendukung, keadaan finansial mendukung, just go on, kalaupun secara finansial pas-pasan, kalian bisa ambil beasiswa, dengan catatan kalian benar-benar serius. Apapun jurusannya, saat ini bagus kok, semua memiliki peluang yang sama. Gengsi memilih jurusan yang mentereng, tapi nggak sesuai minat juga percuma. Gengsilah ketika nanti kalian graduated, tapi sama sekali nggak dapat poin dari perkuliahan yang kalian lalui dikarenakan setengah hati kuliahnya.

  • Research

Lakukan pencarian mengenai minat dan jurusan yang ingin kalian pilih. Lihatlah apa yang akan dipelajari selama perkuliahan, setidaknya kalian mengerti apa yang akan kalian geluti selama beberapa tahun ke depan hingga akhirnya menyandang gelar sarjana. Carilah info-info yang terkait dengan segala sesuatunya, termasuk bidang pekerjaan yang kemungkinan akan kalian dapat nantinya. Harapan kita setelah belajar sekian tahun di bangku kuliah adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan apa yang kita inginkan bukan? Bukan hanya itu, apapun itu, kalian harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai apa yang akan kalian pilih.

Tak kenal, maka tak sayang. Peribahasa ini juga berlaku untuk kalian dan jurusan yang akan kalian ambil di bangku kuliah. Semakin kenal dengan jurusan tersebut, termasuk apa yang dipelajari dan tetek bengek di dalamnya, semakin kalian akan semangat dalam prosesnya.

  • Do it seriously

Kuliah bukan ajang trial and error, cek definisinya di sini. Ketika kalian sudah menetapkan minat dan mendapatkan satu tujuan, i mean kalian sudah mendapatkan gambaran, just do it seriously. ketika kalian sudah menyandang gelar mahasiswa dan memulai perkuliahan, lakukan semua dengan sepenuh hati dan tanpa beban karena itu semua adalah hasil terbaik dari pemikiran kalian sejauh ini. Satu-satunya hal yang dapat kalian lakukan setelah ini adalah bersungguh-sungguh dan mati-matian menyelesaikan apa yang telah kalian mulai dan reach the goal. 

Itu beberapa advices yang bisa aku share saat ini, mungkin next jika tiba-tiba kepalaku memunculkan ide lanjutan, akan akau buat tambahan di postingan selanjutnya. So, buat kalian yang akan masuk ke dunia perkuliahan, be careful and be your self. Everything’s gonna be perfect when you believe it. Your future is determined by your own choices. See you. see-you-clipart-1

Tinggalkan komentar